Field trip adalah kegiatan studi lapangan yang dilakukan oleh anak-anak sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran di luar sekolah. Bukan hanya wisata, namun di balik kegiatan field trip ini ada pengetahuan baru yang akan diperoleh anak. Menurut Smilansky, seorang ahli dalam Pendidikan Anak Usia Dini, proses pembelajaran anak usia dini hendaknya dilakukan melalui pengalaman nyata bagi anak sehingga anak dapat memperoleh pengetahuan baru untuk menunjukkan kreativitas dan rasa ingin tahu secara optimal. Sependapat dengan teori tersebut, maka TK Strada Dewi Sartika II mengadakan kegiatan field trip yang dilakukan pada hari Selasa, 26 Maret 2019 untuk kelas TK B, Senin, 1 April 2019 untuk KB, dan Selasa, 2 April 2019 untuk TK A. Kakak-kakak kelas TK A dan TK B melakukan kegiatan field trip di Museum Satria Mandala sementara untuk adik-adik kelas KB fieldtrip dilakukan di Supermarket. Pemilihan lokasi yang berbeda ini dilatarbelakangi oleh minat anak dan juga memperhatikan kondisi fisik anak.

Kali ini yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah kunjungan kakak-kakak kelas TK A dan TK B ke Museum Satria Mandala. Museum Satria Mandala adalah museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Beberapa hari sebelum kegiatan field trip dilakukan para guru sudah menyampaikan pada anak-anak terkait rencana kegiatan fieldtrip ini dan tentu saja anak-anak sangat antusias dan menunggu hari keberangkatan tiba.

Pagi hari sebelum menuju ke Museum Satria Mandala anak-anak berkumpul di tempatyang sudah ditentukan untuk selanjutnya bersama-sama melakukan perjalanan menuju Museum. Bukan dengan mobil, tapi kali ini anak-anak diajak untuk menggunkaan transportasi umum yaitu busway yang merupakan bentuk kerjsama TK Strada Dewi Sartika II dengan Dinas Perhubungan. Hal ini dilakukan juga untuk memperkenalkan transportasi umum pada anak-anak, sehingga nantinya anak-anak diharapkan bisa berkontribusi dalam mengurangi kemacetan Jakarta dengan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum. Terlebih transporatsi umum saat ini juga sudah tidak kalah nyaman dengan transportasi pribadi.

Setibanya di Museum anak-anak mulai mengobservasi segala sesuatu yang ada di museum sambil sesekali menanyakan hal yang memancing rasa ingin tahunya. Museum Satria Mandala ini memiliki koleksi seperti ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam dan pesawat terbang yang tentunya sangat menarik bagi anak. ………………………………….

 

Sebarkan artikel ini

Network-wide options by YD - Freelance Wordpress Developer